3
Close Klik 2x

6 Cara Menang Dalam Perlombaan

Dalam setiap lomba atau kompetisi pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Setiap orang pasti ingin memenangkan suatu perlombaan. Agar kita lebih dihargai dan dihormati serta diakui kelebihan yang dimiliki oleh banyak orang. Dalam menghadapi perlombaan atau kompetisi akan ada tantangan yang harus dilewati, sehingga bisa ditentukan pemenang atau yang kalah.

 Dalam menghadapi berbagai tantangan kita harus bisa menyesuaikan kemampuan dengan tantangan tersebut. Untuk itu kita harus berlatih terlebih dahulu sebelum bertanding. Dan tidak pernah menyerah terhadap suatu situasi-situasi tersebut. Mempersiapkan mental dan fisik dalam bertanding merupakan hal paling mutlak yang harus dilakukan oleh pejuang kemenangan. Sehingga nantinya mental dan fisik kita siap dan menjadi terbiasa dalam menghadapi semua tantangan yang ada.

6 Cara Menang Dalam Perlombaan
6 Cara Menang Dalam Perlombaan
 Dalam bertanding kita harus memiliki percaya diri yang tinggi agar tidak minder dengan lawan lainnya. Walaupun sarana dan prasarana yang kita gunakan dalam lomba tidak sebagus milik lawan, apabila dalam jiwa kita sudah tertanam percaya diri yang tinggi akan membuat kita focus terhadap apa yang dihadapi. Dibandingkan iri dengan barang orang lain. Percaya diri dapat menumbuhkan semangat dalam diri kita sehingga energi yang dihasilkan oleh tubuh akan meningkat drastis. Jika kita memikirkan iri kepada orang lain, hanyalah rasa rendah diri dan menyerah sebelum bertanding. Untuk itu kita harus bisa melawan gejolak di dalam dengan selalu percaya diri. Percaya terhadap kemampuan diri sendiri.

Cara bersikap saat menghadapi perlombaan, adalah sbb :
1.    Jangan pernah sekalipun meremehkan lawan-lawan
Karena dapat membuat diri kita menjadi sombong dan lupa akan kemampuan lawan. Kita akan lupa memikirkan strategi dalam mengalahkan lawan dan hanya berpikir dapat dengan mudah mengalahkannya. Hal ini akan membuat kita lemah dan terkecoh dengan strategi lawan. Ketika dalam situasi tertentu kita akan bingung dalam menghadapinya karena terlalu sibuk menyombongkan diri.
2.    Jangan pernah berfikir psimis dan santai
Kita harus optimis dalam setiap pertandingan, apapun yang kita hadapi selalu yakin bahwa akan menang. Boleh kita tenang dalam bertanding, tetapi jangan santai dan tidak mau berlatih. Karena lawan akan menggunakan kesantaian kita untuk memikirkan strategi penyerangan terhadap kita. untuk itu selalu memanfaatkan waktu dengan benar dan selalu melawan apapun yang menghalangi kita.
3.    Gunakan setiap kesempatan yang ada dengan tepat
Apabila ada waktu lakukanlah untuk berlatih dan menjajal seberapa besar kempuan kita. Dengan begitu kita bisa tahu apa yang menjadi kelemahan kita dan berusaha untuk menutupinya. Apabila lawan sedikit lengah manfaatkan situasi tersebut untuk mencari cara agar bisa memenangkan perlombaan.
4.       Selalu sportif dalam setiap perlombaan
Jangan sekali-kali melakukan kecurangan karena bisa jadi menjadi senjata makan tuan terhadap diri sendiri. Misalnya, kita melakukan sabotase terhadap salah satu lawan terberat, ternyata hal itu ketahuan oleh juri maupun lawan. Pasti kita akan terkena sanksi yang bisa mengakibatkan didiskualifikasi, selain itu akan merasa malu dengan orang-orang yang mengetahui kejadian tersebut.
5.       Berdo’a dan memohon pertolongan kepadaNya sebelum lomba dimulai
Sebagai setiap manusia yang kita lakukan hanyalah berusaha dan yang menentukan adalah Tuhan. Untuk itu selain kita berusaha secara nyata juga harus selalu mendekatkan diri kepada Tuhan dengan berdo’a dan memohon pertolongan kepadaNya. Karena Dialah Dzat yang berhak menentukan atas setiap keputusan yang terjadi pada setiap makhluknya. Apabila Tuhan sudah menentukan kita menang, maka kita akan marih kemenangan tersebut. Namun, jika tidak sekuat apapun usaha kita tetap saja tidak akan menang.
6.    Menerima kekalahan dengan lapang dada
Ketika kita mengalami kekalahan, harus tetap menerima dengan lapang dada. Jangan pernah menghindari suatu kenyataan dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang bisa menjerumuskan ke lembah dosa. Setidaknya kita telah melakukan usaha tetapi Tuhan berkehendak lain. Pasti dibalik semua itu akan ada hikmah yang tersembunyi, menjadikan kita lebih dewasa, dan menumbuhkan sikap tidak mudah menyerah. Yakinlah bahwa sebenarnya kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

Semoga cara-cara tersebut dapat memberikan manfaat bagi kita semua ketika dalam perlombaan atau pertandingan atau kompetisi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Cara Menang Dalam Perlombaan