3
Close Klik 2x

12 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Saat Berpidato

 Setiap orang sebelum menjadi hebat pasti mengalami kegagalan terlebih dahulu. Karena dari situlah dia belajar lebih rajin lagi untuk memperbaiki sebuah kesalahan sehingga membuatnya bisa berhasil. Termasuk dalam mengatasi masalah berbicara di tempat umum, tidak semua pembicara hebat bisa langsung lancar dan bersikap bagus di depan khalayak banyak. Seperti seorang William Jennings Bryan merupakan seseorang yang ahli berpidato terhebat pada zamannya, secara mengejutkan dia pernah mengakui bahwa sesungguhnya ketika pertama kali berpidato lututnya gemetaran. Dan banyak tokoh-tokoh lain yang mengalami hal tidak mengenakan saat berpidato.

 Rasa takut saat berbicara didepan umum sangatlah wajar, mungkin pernah dialami oleh setiap orang maupun tokoh-tokoh besar. Yang harus kita lakukan adalah bagaimana cara menghilangkan rasa takut tersebut. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mengikuti seminar, aktif dalam sebuah organisasi desa, RT, RW, organisasi pemuda, dll. atau bisa juga ketika ada suatu acara di daerah anda, mulailah dengan memimpin do’a, menjadi pembawa acara, dsb.

12 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Untuk Tampil Didepan Umum

Jika masih belum bisa menghilangkan rasa takut, anda bisa lakukan langkah berikut ini :

1. Mengakui rasa takut dan cari penyebab rasa takut tersebut.

Dengan mengakui rasa takut kepada diri sendiri adalah hal yang benar, karena setelah itu diri kita akan mencari penyebab rasa takut tersebut. Mungkin ketakutan anda disebabkan karena takut tidak bisa berbicara, berbicara dengan kata yang sulit dimengerti oleh para pendengar, takut tidak disukai, sulit mendapatkan hati para pendengar, atau tidak percaya diri dilihat oleh orang umum. Setelah diketahui penyebabnya carilah solusi tepat dengan membaca buku atau meminta saran kepada orang yang ahli.

2. Membahas tentang hal yang anda sangat mengerti dan memahaminya.

Dengan memahami sebuah topic bahasan saat berbicara akan membuat anda dengan mudah menjabarkan kepada khalayak banyak dan bisa bebicara dengan lancar. Untuk itu anda harus banyak belajar tentang topic tersebut. Atau melakukan riset terhadap topic yang akan dibahas pada saat berpidato. Itu akan membuat anda mudah, nyaman dan bisa mengeluarkan kata-kata yang mudah dipahami orang lain.

3. Selalu tersenyum.

Sebelum melakukan pidato sebaiknya anda tersenyum terlebih dahulu, sehingga dapat menyamarkan rasa gugup anda dan membuat diri anda merasa nyaman serta meningkatkan rasa percaya diri untuk tampil di depan umum.

4.Rilex

Buat diri merasa serilex mungkin dan rasakan bahwa anda sedang berbicara dengan keluarga sendiri.
Dengan menyamakan situasi ketika sedang berbicara dengan keluarga akan membuat anda lebih nyaman, tidak canggung, lebih lancar dalam mengeluarkan kata-kata, serta mengurangi rasa minder terhadap lawan bicara

5. Menatap mata lawan bicara.

Menatap mata lawan bicara akan merasakan ada sebuah kontak, sehingga kita tahu suka atau tidak suka nya lawan bicara terhadap perkataan yang anda ucapkan. Apabila terjadi ketidaksukaan anda bisa langsung memperbaiki setiap perkataan yang membuat lawan bicara tidak suka. Selain itu dengan melakukan kontak mata adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri dan lebih menarik perhatian lawan bicara kita.

6. Rubahlah suara cara bersikap ketika sedang berpidato.

Karena suara dan sikap akan membuat seseorang menilai kemampuan dan standar tata karma yang kita miliki. Rubahlah suara menjadi lebih terkesan berwibawa dan enak didengar oleh para audience, setelah itu bersikap dengan baik seperti sikap yang ditunjukkan para orang terhormat. Hal ini akan membuat kita lebih dihormati dan dihargai, sehingga mereka mau mendengarkan apa yang dibicarakan dan merasa senang terhadap anda.

7. Jangan terlalu menerapkan standar pidato yang disarankan oleh orang lain.

Karena dapat membuat anda merasa terbatasi dengan standar tersebut. Anda akan sulit meningkatkan kemampuan yang ada dalam diri anda sendiri. Hal ini akan membuat anda tidak merasa nyaman dan gugup ketika melakukan kesalahan. Yang seharusnya kesalahan tersebut bisa diperbaiki, tetapi karena anda gugup akan sulit mengatasinya sehingga akan menambah malu diri anda.

8. Berusaha memakai baju dan aksesories serapi mungkin.

Untuk memastikan ini, sebelum tampil di depan umum sebaiknya ke kamar mandi dan berkaca memperhatikan penampilan diri. Jika merasa ada yang kurang baik, segera perbaiki. Dengan begitu akan menambah rasa percaya diri dan menghilangkan rasa minder ketika berhadapan dengan orang-orang yang mungkin derajatnya lebih tinggi dari anda. Dan biasanya pertama kali yang dilihat adalah penampilan kita, baju, aksesoris, sepatu dan lainnya. Walaupun kita tidak tampan atau cantik, jika selalu berpenampilan rapi akan menambah nilai plus pada diri anda.

9. Memperbaiki permasalahan yang telah terjadi sesegera mungkin.

Pada saat berpidato mungkin saja terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti, terlambat datang, lupa membawa berkas, menumpahkan air minum atau hal lainnya. Segeralah alihkan pembicaraan dengan membawa ke situasi yang lebih menyenangkan terhadap para audience, sehingga mereka akan melupakan kesalahan anda dan lebih tertarik kepada apa yang dibicarakan.

10. Bicara dengan intonasi yang tepat dan jangan terlalu cepat.

Dengan melakukannya. Akan membuat para pendengar mudah mengerti setiap ucapan dan perkataan anda. Selain itu anda juga bisa mempunyai kesempatan memikirkan ucapan berikutnya.

11. Mencairkan suasana dengan merubahnya menjadi akrab.

Hal utama yang harus dilakukan saat berbicara di depan umum adalah memperkenalkan diri dan buatlah para audience merasa akrab dengan anda. Ada kalanya kita bercanda dengan para penonton, memberikan Tanya jawab dengan mereka, atau hal lainnya. Yang bisa membuat mereka lebih mengenal anda sehingga suasana menyenangkan akan terjadi.

12. Berdo’a sebelum tampil didepan umum.

Percayakan semuanya kepada Tuhan dan memohon apa yang anda inginkan ketika sedang tampil. Ini akan menambah rasa percaya diri anda serta meningkatkan kekuatan psikologis dalam diri. Karena dengan meminta pertolongan kepada Tuhan akan membuat hati kita aman, tenang dan senang sehingga berpengaruh pada kondisi psikologis diri anda.

Itulah cara-cara mengatasi ketakutan dalam diri anda. semoga dengan melakukan semua cara-cara di atas ketakutan bukan menjadi penghalang kemajuan diri anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 12 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Saat Berpidato